Advertisement

"PERINGATI HARI VALENTINE” IKAMARO ADAKAN ISTIGHOSAH dan KAJIAN KEISLAMAN"



"PERINGATI HARI VALENTINE”
IKAMARO ADAKAN ISTIGHOSAH dan KAJIAN KEISLAMAN"

(13/02/16) Hari Sabtu lalu, Ikamaro ( Ikatan Mahasiswa Bojonegoro Uin Malang)menggelar kegiatan rutin tahunan. Yaitu acara istighosah bersama dan kajian keislaman, yang membahas dan mengupas secara tuntas mengenai makna valentine days.
Kegiatan positif Membangun jiwa intelektual berjiwa islami ini dilakukan mahasiswa asal Kabupaten Bojonegoro, yang menempuh pendidikan tinggi di Universitas yang ada di Kota Apel, malang.
Acara ini di adakan oleh Devisi Kajian dan Keagamaan Ikatan Mahasiswa Bojonegoro Uin Malang, pada malam hari sebelum hari valentine lalu, yang bertemakan "Valentine Days Menurut Perspektif Islami". tujuan acara ini diadakan guna memberi wawasan serta pengetahuan kepada Mahasiswa Bojonegoro Universitas Islam Negeri Maliki Malang, guna merefleksikan dan mempelajari sejarah dari hari valentine, Agar tidak mengikuti dan merayakan acara yang tahun demi tahun di rayakan kaum-kaum muda yang beragam agama Termasuk islam, acara yang identik dengan bagi-bagi coklat, bunga serta melakukan tindakan- tindakan seksual yang di larang oleh agama
  Moch.Afiyudin nu'man selaku kordinator devisi kajian dan keagamaan berkata 'bahwa acara ini di laksanakan tiap tahunnya dan harus di lakukan, karena di samping ini proker tahunan acara positif seperti ini bertujuan untuk menanamkan akhlaq yang baik dan merubah maindset mahasiswa baru uin maliki malang yang sekarang sudah semester 2. agar mereka tidak turut ikut serta dalam merayakan dan meramaikan budaya luar dan bukan agama islam ini.'tandas beliau mengakhiri acara malam ini.
Moc.Afiyudin, Dalam acara istighosah dan refleksi, berkata "valentine days" ini memang  Sengaja Dilakukan untuk mahasiswa baru semester 2, tapi tidak hanya maba semester 2 saja yang hadir dalam acara ini, melainkan ada juga mahasiswa lama yang sekarang sudah semester 4 dan 6 datang dalam acara istighosah ini untuk ngaji bersama dan Berbagi pengetahuan agamanya kepada adek-adek semester 2 .
Saudara "Surgo Firdaus" selaku Ketua Umum Ikamaro. juga menambahkan dalam acara "valentine days menurut perspektif islami" acara seperti ini Kami mengupayakan dan berharap banyak untuk memfasilitasi anggota ikamaro agar mereka mampu berfikir secara rasional dalam memaknai hari "valentine days" dalam sudut pandang mereka masing masing. Harapan kami dengan adanya agenda kajian-kajian rutinan seperti ini, dulur-dulur ikamaro menjadi para pemikir-pemikir yang hebat, tak selesai disitu, tentunya mereka harus bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

By: M. Nazriel Mu'afi_IPS_FITK_UINMALIKIMALANG

1 komentar:

  1. Menjadi kaum intelectual (mahasiswa) sudah menjadi kewajiban untuk melakuakan kajian2 yg mungkin bagi saya masih menimbulkan pro dan kontra (dr berbagai perspektif)
    Namun kita sebagai umat islam selalu berusaha menegaskan kembali dan saling mengingatkan bahwa dalam hal ini (valentine day) memang dilarang oleh agama.
    Valentine day yg dimaksud adl kegiatan sepasang muda mudi yg sedang bergejolak jiwa asmaranya untuk saling mencintai karena nafsu.
    Yg kemudian hal ini sudah mulai MEMBUDAYA di negwri tercinta ini.
    Ketika kita memaknai valentine day sebagai hari kasih sayang,sudah tentu tidak hanyak pada tanggal 14 february,melainkan setiap hari adalah hari kasih sayang. Sebagai sesama makhluk,sudah menjadi kewajiban pula untuk saling mengasihi dan menyayangi.
    Adanya valentine day menurut saya juga akan mempersempit makna kasih sayang itu sendiri,karena kenapa "simbol" kasih sayang harus jatuh pada hari tertentu? Semoga kita sebagai pemuda harus saling memberikan pemahaman2 kepada kanan kiri,depan belakang karna realta sosial yg ada.
    Mari mewunjudkan bersama bahwa islam adalah RAHMATAN LIL ALAMIN. Sepanjang hari dan Sepanjang masa.wassalam

    BalasHapus