Advertisement

Lambaian Sang Orange Ditepi Samudra Hindia

Bagi anda yang punya jiwa berpetualang dan hobi menjelajahi alam ciptaan tuhan pulau sempu mungkin sangat perlu anda pertimbangkan untuk dikunjungi. pulau ini menyimpan jutaan keindahan yang bisa anda nikmati.

Riza, wakil ketua IKAMARO berpose di pulau sempu
Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. nama Sempu sendiri dikatakan diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu, namun pohon tersebut hampir sulit ditemukan saat ini. (Wikipedia)

Dengan menikmati wisata di Pulau Sempu, Anda akan mendapatkan pengalaman petualangan yang berkesan di hati. Mengunjungi laguna di Pulau Sempu, lalu membentangkan kemah untuk bermalam di tepi laguna tersebut akan menghadirkan suasana yang sangat berkesan di tengah hutan tropis yang lebat. Berenang di air laguna yang tenang serta bermain-main di tepiannya adalah kegiatan menarik yang tak boleh terlewatkan.

Setidaknya hal inilah yang melandasi beberapa anggota ikamaro semangat untuk berwisata kepulau sempu. memang setiap anggota ikamaro punya minat dan hobi yang berbeda-beda, apapun hobi mereka ikamaro selalu berusaha memfasilitasi dengan baik. tak terkecuali yang hobi berpetualang. ikamaro selalu menyambut dengan tangan terbuka, atau dalam istilah lain bisa dibilang “ngajangi ombo” bila ada yang ingin mengajak berpetualang, selain untuk mencari pengalaman dengan berpetualang kita juga bisa mengagumi dan merasakan nikmatnya alam ciptaan tuhan.

Tanpa mengabaikan keselamatan, berbagai persiapan harus dilakukan sebelum berpetualang, mulai dari kesiapan fisik, mental, dan juga konsumsi harus disediakan sebelum memulai perjalanan. beberapa kantong kresek-pun juga menjadi barang yang wajib anda bawa, gunanya adalah untuk membawa pakaian anda, barang-barang anda, dan bahkan sampah-sampah anda, jadi selesainya kita berpetualang dipulau sempu kita tidak meninggalkan sampah disana, dengan demikian kita berwisata tanpa merusak keindahan alam.

“Pulau sempu menyimpan sejuta keindahan alam yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur ke malang, sekitar pulau sempu juga ada “segara anakan” yaitu sebuah danau air asin yang berada disebelah selatan pulau sempu”, ungkap riza,  “perlu diingat pulau sempu adalah cagar alam yang perlu dijaga kelestariannya, jangan merusak keindahan alam Indonesia hanya untuk kesenangan sesaat”, imbuh mas habib atau lebih akrab disapa mas biktong, keduanya adalah anggota ikamaro yang sangat giat dalam berpetualang, baginya tidak ada yang lebih mengasyikkan dibanding membaurkan diri dengan alam terbuka. tak ada yang bisa menandingi wisata ciptaan tuhan.

Memang banyak hal positif yang bisa didapat dari wisata alam, dan mungkin pulau sempu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk organisasi, kelompok, atau komunitas anda yang ingin berlibur bersama, jikalau persiapan yang anda lakukan baik maka kenyamanan, keasyikan dan keseruan yang luar biasapun akan anda dapatkan, yang terpenting adalah jangan sampai wisata anda merusak ekosistem dan kelestarian lingkungan.

post by: Verdi Indra Satria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar