Advertisement

IKAMARO Tanamkan semangat Belajar Agama Sejak Dini

Pendidikan agama sangatlah penting bagi seluruh umat muslim, apalagi untuk anak-anak sebagai petunjuk dan penanaman karakter sejak dini. Pendidikan agama harus di tanamkan pada diri anak-anak sedini mungkin agar mereka bisa mengenal agama dengan baik. Dan bagaimana mereka bisa mengetahui cara mengerjakan ibadah, seperti sholat, puasa, zakat serta kewajiban-kewajiban maupun larangan-larangan yang harus di lakukan sebagai seorang muslim yang baik dan taat beragama.

Anggota IKAMARO bersama santri TPQ ds. Kalangan
Maka pendidikan agama sejak dini sangatlah penting bagi anak-anak. Apalagi sekarang hidup di dunia yang sudah modern yang mana alat-alat elektronik yang canggih seperti Playstation, Tv, Komputer, laptop dan HP yang canggih yang menyediakan hiburan game gratis yang sangat mudah untuk di akses lewat Hp dan internet. Semua hiburan tersebut yang membuat anak-anak enggan untuk mengaji lagi karena dampak negatif dari kecanggiihan elektronik di jaman modern ini.

Untuk menyelamatkan anak-anak yang sudah di cekoki kecanggihan alat elektronik, para pemuka agama, masyarakat bahkan mahasiswa berkeliling desa dan kota untuk mensyiarkan agama islam dan menggalakkan mengenal agama dan menjadi seorang muslim ynag baik sejak dini. Begitu pula yang di lakukan IKAMARO yang menggerakkan semangat belajar agama sejak dini di desa kalangan margomulyo dalam agenda baksos tahunan yang berfokus dalam pendidikan agama. Yang di mulai pada hari jumat 9 januari sampai hari selasa 13 januari 2015 di desa Kalangan Margomulyo Bojonegoro.

Baksos yang di ketuaui oleh Naufal Mafazi mahasiswa psikologi Uin Malang mengintruksikan kepada seluruh anggota ikamaro untuk terus bersemangat dan tanpa kenal lelah untuk mensyiarkan islam dengan ilmu yang kita peroleh dari kampus UIN MALANG. Sebagai mahsiswa kita harus bisa memberi suatu hal yang positif  bagi orang lain. Apalagi kita dari bojonegoro kita harus memberikan ilmu dan tenaga kita untuk bojonegoro yang lebih baik, lanjut naufal. Dengan semangat dan kerja keras anak-anak ikamaro melakukan kegiatan pembelajaran dengan anak-anak TPQ desa kalangan margomulyo dengan semangat dan keikhlasan hat dan di imbangi semangat dan antusias anak-anak TPQ dalam  mengikuti pembeljaran yang di lakukan oleh ikamaro yang membuat anak-anak IKAMARO lebih bersemangat lagi.

IKAMARO saat mengajar santri TPQ ds. Kalangan
Dengan metode pendekatan klasik dalam pembelajaran dan terkadanag menggunakan metode center. Kita melakukan pembelajaran dengan santai tapi serius yang bisa membuat anak-anak TPQ merangsang ilmu yang diberikaan anak-anak ikamaro dengan baik. Materi yang kita berikan adalah tentang ilmu tajwid, Al-quran, fiqih, dan aqidah kita juga menyelipkan sebuah permainan dengan diirigi lagu-lagu islami yang bertujuan untuk membuat mereka senang dan gembira,agar mereka tidak merasa belajar agama itu membosankan akan tetapi belajar agama itu menyenangkan.

Realita di sebuah desa adalah ketika anak sudah duduk di kelas 1 SMP/MTs mereka sudah enggan untuk mengaji dan belajar ilmu agama dengan alasan malu karena sudah besar. Padahal menuntut ilmu tidak ada batasan usia, dari anak-anak, remaja, dewasa dan bahkan usia lanjut di anjurkan untuk menuntut ilmu apalagi tetang ilmu agama. Seperti terkandung dalam hadistRosulullah yang berbunyi:

طلب العلم من المهدى الى الهدى

Artinya : Menututlah ilmu dari kecil sampai ke liang lahat

Nah dari hadist tersebut begitu jelas kita di anjurkan untuk menuntut ilmu berapapun usia kita karena apa ilmu begitu penting bagi kehidupan kita dengan ilmulah kita bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik bahkan dengan ilmu kita bisa di angkat derajat kita di dunia maupun di akhirat seperti tertera dalam firman Allah yang berbunyi:

ير فع الله الذين امنو منكم والذين اتو العلم درجة

Artinya: allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang menuntut ilmu.

Sudah jelas bahwa manusia yang memiliki ilmu pasti dia akan di muliakan orang lain apalagi orang yang mempunyai ilmu agama pasti akan di muliakan hidupnya oleh alllah STW di dunia dan di akhirat. Makadari itu mari kita kobarkan semangat kita untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya agar kita menjadi manusia yang mulia dan bermartabat. 

Dengan diadakanya baksos yang fokus dalam pembelajaran ilmu agama sejak dini ini bertujuan agar anak-anak mengenal agama mereka dengan baik dan pentingnya ilmu agama dalam kehidupan mereka sebagai seorang muslim yang baik sejak dini. Begitu pula dengan teman-teman ikamaro di harapkan untuk terus mngamalkan ilmunya di mana saja kalian bertempat tinggal dengan tanpa lelah untuk memperjuangkan islam dan para generasi muda yang bermoral dan bermartabat.

By: M. Surgo Firdaus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar