Advertisement

Upaya IKAMARO Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup


Menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan adalah kewajiban setiap orang, dengan menjaga alam sekitar kita, sama halnya kita merawat bumi dan menjaga keberlangsungan hidup seluruh mahluk ciptaan tuhan. Selain itu kita juga mengamalkan perintah allah swt yang tertera dalam al-qur’an surat al-a’rāf ayat 7, dalam surat tersebut allah berfirman :

… وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Yang artinya:
… dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah tuhan memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman”.

Dalam ayat tersebut terdapat perintah untuk menjaga keasrian lingkungan, sebagai wujud utuhnya iman seseorang harusnya mampu menjaga dan tidak merusak alam disekitarnya. Karena allah menciptakan dunia dan isinya ini untuk dijaga serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, bukan malah dirusak untuk keperluan yang tidak ada gunanya.

Anggota IKAMARO sedang melakukan penanaman pohon
Menanam pohon adalah salah satu wujud kecintaan kita terhadap lingkungan, dengan menanam pohon kita bisa mengurangi efek global warming yang saat ini sedang menghantui masyarakat dunia. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menanam pohon, salah satunya ialah dengan menanam pohon kita bisa menyuburkan tanah, sebab air hujan yang langsung jatuh ke tanah bisa menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur jadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir - butir airnya tidak langsung menimpah permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah

Selain itu pohon juga memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca yang menyebabkan terjadinya global warming.

Setidaknya untuk beberapa alasan itulah yang mendasari IKAMARO untuk selalu bersemangat mengadakan penghijauan. Sedikitnya ada 250 bibit pohon setiap tahun yang ditanam oleh anggota IKAMARO diberbagai penjuru kabupaten Bojonegoro, seperti di kec. Sugihwaras, di kec. Kedungadem, kec. Tambakrejo, dan lain-lain. Kegiatan tanam pohon tersebut dilakukan ketika liburan semester. Tentu dengan tujuan menjaga kelestarian alam dan memberikan manfaat untuk seluruh mahluq yang ada di bumi.

Seandainya setiap organisasi, komunitas, dan para aktifis yang ada di Bojonegoro melakukan kegiatan yang bersifat sosial lingkungan, entah berupa penanaman pohon, bersih-bersih desa, perawatan sarana prasarana umum, atau sejenisnya bisa kita bayangkan Bojonegoro akan menjadi kabupaten yang bersih, asri, dan memiliki lingkungan yang terpelihara.

Untuk itu mari sebagai warga yang baik, sebagai organisasi yang baik, dan sebagai komuntas yang baik, kita tunjukkan bahwa kita adalah masyarakat yang peduli serta mampu beraksi nyata terhadap pemeliharaan lingkungan hidup.

Post by: verdi indra satria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar