Advertisement

Safari Akademik IKAMARO 2015

Januari 2015. di awal tahun ini perkuliahan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sedang berada dalam suasana liburan. dan sudah barang tentu selama lliburan berlangsung banyak mahasiswa-mahasiswi yang memilih untuk pulang kampong dari pada tidak ada kegiatan dikampus. begitu juga dengan mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari Bojonegoro yang merupakan anggota dari IKAMARO, hampir secara keseluruhan anggota-anggota IKAMARO memilih untuk pulang kampong selama liburan.

Selama liburan semester ini sesuai dengan progam kerja yang telah diagendakan oleh pengurus IKAMARO, bahwa akan diisi oleh kegiatan safari akademik dan juga bakti sosial. acara safari akademik adalah kegiatan rutin yang sudah diistiqomahkan oleh IKAMARO selama bertahun tahun, kegiatan ini adalah semacam memberikan sosialisasi kepada pelajar-pelajar kelas XII yang ingin kuliah dimalang, khususnya di UIN MALIKI Malang.

Ikamaro saat safari akademik di MAN 1 Bojonegoro
bentuk sosialisasi yang diberikan oleh IKAMARO adalah tentang kehidupan kampus, biaya perkuliahan, beasiswa, jurusan, UKM, dan hal-hal lain yang perlu diketahui oleh pelajar-pelajar kelas XII yang ada diBojonegoro. sasaran safari akademik ini adalah SMA, MA/ sederajat yang ada di Bojonegoro. pada tahun ini sedikitnya ada 10 sekolahan yang didatangi oleh IKAMARO dan menjadi sasaran safari akademik, diantaranya adalah: MA Ahmad Yani Baureno, SMA Negeri 1 Sumberjo, SMA Muhammadiyah Sumberrejo, MA Muhammadiyah Sumberrejo, SMA Negeri 1 Balen, SMA Negeri 1 Sugihwaras, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan 2 Bojonegoro, MA Abu dzarrin, dan terahir adalah MA AL-Rasyid.

acara safari akademik ini selain memberikan informasi kepada adik-adik tentang dunia perkuliahan juga memberikan motivasi kepada mereka tentang pentingnya pendidikan untuk kehidupan, sesuai dengan firman Allah dalam Al-qur’an bahwa semakin berilmu seseorang maka Allahpun akan semakin meninggikan derajatnya dan sesuai hadist nabi Muhammad SAW bahwa menuntut ilmu hukumnya wajib dari sejak lahir hingga keliang lahat.

selain itu lewat kegiatan safari akademik ini para anggota IKAMARO juga mengamalkan tridharma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban seorang mahasiswa yaitu pendidikan dan pengajaran serta pengabdian masyarakat. dalam acara ini seluruh angota IKAMARO berbagi pengalaman dan juga pengetahuan.

Diharapkan dengan adanya safari akademik ini pelajar-pelajar Bojonegoro yang kelak akan menjadi ujung tombak kemajuan bangsa bisa termotivasi dan semangat untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi sesuai jurusan yang diminatinya.

Post by Verdi Indra Satria

3 komentar: