Advertisement

Pelatihan IT IKAMARO untuk Perangkat Desa Kalangan

Senin 12 januari 2015. pada acara bakti sosial Ikatan Mahasiswa Bojonegoro (IKAMARO) yang diadakan di desa kalangan kec. margomulyo terdapat satu rangkaian acara yang cukup menarik, diahir acara sebelum penutupan terlebih dahulu IKAMARO mengadakan acara pelatihan IT untuk perangkat desa di ds.kalangan.

dan sesuai yang telah direncanakan acara ini diikuti oleh seluruh perangkat di desa tersebut. merujuk  saran yang diberikan oleh bapak pj kepala desa kalangan pelatihan IT ini mencakup tentang pengetahuan dasar saja, dikarenakan masih banyak perangkat desa yang belum bisa mengoperasionalkan komputer dengan baik dan detail.

Keantusiasan perangkat desa kalangan saat pelatihan
pada acara pelatihan ini IKAMARO bekerjasama dengan relawan TIK bojonegoro yang memberikan pengetahuan tentang pentingnya pengunaan internet untuk perkembangan dan sarana informasi desa. terlebih saat ini memang bojonegoro sedang menggalakkan desa id untuk semua desa di kabupaten bojonegoro, tercatat saat ini sudah ada 35 desa online dan desa kalangan adalah satu dari 35 desa tersebut. potensi desa kalangan terhadap IT sangatlah besar, untuk itulah potensi yang besar ini juga harus diiringi dengan perkembangan SDM yang handal dan “melek” akan teknologi.

acara pelatihan ini disambut dengan sangat antusias oleh perangkat desa di desa kalangan. hal ini disebabkan karena motivasi yang kuat pada diri perangkat desa tersebut untuk faham akan dunia IT. mereka sadar bahwa jikalau mereka tidak mengerti IT maka mereka akan tertinggal informasi. tak peduli dengan usia mereka yang bisa dibilang sudah tidak muda lagi, bagi mereka tidak ada kata terlambat untuk belajar.

pelatihan dimulai dengan sosialisasi dan pengenalan tentang website desa, kemudian dilakukan pendampingan bagi tiap-tiap perangkat, dalam pendampingan tersebut para perangkat diajari tentang cara membuat email, cara mengirim email, cara membuat akun sosial media seperti facebook,dan twitter serta hal-hal lain yang ingin diketahui oleh para perangkat desa.

hal ini seyogyanya perlu ditiru oleh perangkat-perangkat desa di tempat lain, bahwa pada zaman modern ini dunia IT sangatlah penting untuk sarana informasi dan komunikasi. misalkan website, jikalau sebuah desa punya website maka desa tersebut bisa menunjukkan potensi-potensi yang dimilikinya. selain itu bisa juga digunakan untuk sarana pengembangan ekonomi desa, salah satunya dengan melakukan promosi di website tersebut. seperti pemasaran hasil pertanian, kerajinan tangan, koperasi, dan usaha desa lainnya.

 post by: Verdi Indra Satria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar