Advertisement

ADA YANG ISTIMEWA DI IKAMARO


Foto berama anggota IKAMARO
Organisasi  mungkin sudah familiar di kuping mahasiswa di seluruh indonesia, siapa to yang gak kenal dengan organisasai? Pasti semua mahasiswa di indonesia tahu organisasi baik Intra maupun Extra kampus. karena memang organisasi adalah salah satu kegitan yang di lakukan mahasiswa setelah tujuan utama yaitu akedemik. Banyak para akar mengatakan belum dikatakan seorag mahasiswa jika belum pernah mengenyam oraganisasi di dalam kampus. Memang organisasi tidak masuk dalm sks dalam study tetapi ketika mahasiswa berorganisasi dia akan mendapatkan ilmu tambahan yang mungkin tidak bisa dia dapat di angku kuiah. Tetapi kita harus tau apa organisasi itu sebenarnya? Organisasi dalam bahasa yunani yaitu: ὄργανον, organon – alat adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dan Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. 

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat di sekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Begitu juga dengan ikamaro (Ikatan Mahasiswa Bojonegoro) adalah salah satu ORDA yang berada di Kampus UIN Maliki Malang. Organisasi yang manjadi wadah bagi mahasiswa asal bojonegoro yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama mahasiswa bojonegoro yang study di Kampus ulul Albab. Jika kita melihat hakikat Orda sebenarya adalah suatu organisasi yang hanya sebagai wadah kumpul-kumpul saja tanpa adanya tujuan yang pasti. tetapi IKAMARO berbeda dengan Orda yang lain, meskipun hakikat orda seperti keterangan di atas tetapi Ikamaro muncul dengan warna baru yang mana menjadi Orda yang mempunyai Visi dan Misi dan gagasan yang membangun untuk mahasiswa Ikamaro sendiri dan kota Bojonegoro dan pasti tentu di kampus tercinta Ulul Albab. Karena tujuan dibentuknya Ikamaro ini sendiri adalah untuk menjadi Orda yang mencetak mahasiswa bojonegoro yang Kreatif, Aktif dan Inovatif yang  berguna untuk Bojonegoro. Sesuai dengan jargon Ikamaro (Ilmu dan Baktiku untuk Bojonegoroku) yang mana sudah jelas Ikamaro bukan sekedar orda yang hanya kumpul dan senang senang dan tanpa arah akan tetapi ikamaro mempunyai tujuan dan tekat untuk menjadi organisasi yang benar benar berkualitas.

Jika kita menilik di berbagai organisasi di kampus Uin Miliki Malang mungkin Ikamaro berbeda dengan yang lain. Jika oraganisasi yang lain terkesan sangat kaku dan individual yang hanya mempriotaskan bidangnya masing-masing tetapi lain dengan Ikamaro yang memang terlahir dengan ornganisasi yang Sosialis, Humoris dan tidak pernah membeda bedakan antar ras suku dan golongan. Dengan seperti itu Ikamaro menjelma sebagai organsasi yang terkanal dengan kekompakanya yang mana kedekatan emosional yang terbangun sangat kuat pada mahasiswa Ikamaro. meskipun mereka berbeda pandangan, pemikiran dan tempat tinggal. Ikamaro memang di huni oleh mahasiswa Bojonegoro yang tempat tinggalnya berbeda beda dari ujung timur sampai ujung barat Bojonegoro, tetapi Ikamaro juga membuka pintu lebar lebar bagi mahsiswa yang kuliah di Uin Malang yang bukan berasal dari Bojonegoro. yang mana mereka ingin masuk di ikamaro kami ikamaro menyambut baiak dan  akan menerima mereka dengan senang hati, karena ikamaro beranggangapan bahwa semua mahasiswa Uin Maliki adalah saudara. Bukan hanya itu mahasiswa ikamaro juga sangat kental akan kultur budaya jonegoroanya, misalnya bahasa jonegoroan yang mana setiap koordinasi, diskusi dalam sebuah acara pasti menggunakan bahasa Jonegoroan. Bahkan ada salah satu mahasiswa ikamaro yang nyeletuk dengan omonganya “ Nek kumpul kumpul karo dulur bojonegoro kudu gae boso jonegoroan ممنوع" terlarang” gae boso liane nek gak gelem gak usah melok ikamaro”  karena memang bahasa Jonegoroan menurut mahasiswa Uin Maliki terdengar aneh dan kampungan yang tidak modis sama sekali. Dan siapa saja yang akan mendengar pasti akan tertawa, Tetapi mahasiswa Ikamaro tidak memperdulikan itu semua mereka  tetap bangga dengan warisan bahasa yang di berikan nenek moyang mereka. Karena meneurut mereka melestarikan budaya adalah salah satu cara mencintai kota asal. Dan karena  mungkin dengan membertahankan dan melestarikan budaya sendiri di kota orang lainlah  yang membuat ikamaro menjadi organisasi yang kental akan budaya jonegoroanya yang membuat mahasiswa uin malang mudah mengenalnya. 

Maka di harapakan dengan adanya Ikamaro seluruh inspirasi Mahasiswa Bojonegoro  bisa tertuang dan di jalankan untuk kebaikan  mahasiswa sendiri dan Bojonegoro. kami berharap seluruh mahasiswa Bojonegoro bisa berkontribusi di kota asalnya dan yang paling penting adalah bagaimana mereka bisa hidup dan sukses di kota orang lain dengan tetap mempertahankan budaya Bojonegoro.TERAH WONG BOJONEGORO matoh. 

oleh: M. Surgo Firdaus (PBA Uin Maliki Malang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar