Advertisement

Ta'aruf Outdoor 2015

25 oktober 2014. pada tanggal ini acara ta’aruf anggota baru diadakan untuk yang kedua kalinya. jikalau yang pertama ta’arufnya bertempat didalam ruangan maka yang kedua kalinya ini bertempat di luar ruangan atau biasa disebut outdor. setelah melalui berbagai pentimbangan yang matang acra ta’aruf outdor pada tahun ini diadakan di wanawisata kebun jeruk selorejo malang. acara ini diikuti oleh sekitar 40 kader IKAMARO terdiri dari pengurus dan juga anggota baru.
ketua panitia yang dalam acara ini adalah M. Farchan menyatakan bahwa acara ta’aruf outdor ini diselenggarakan untuk menambah keakraban dan ikatan emosional antar pengurus dan anggota baru, bila saling akrab maka hubungan kekeluargaan akan bertambah harmonis, tutur ketua panitia.

karena banyaknya peserta acara ta’aruf kali ini dikonsep secara berbeda dan lebih rapi dari biasanya untuk menambah keseruan dan antusiasme peserta. konsep outbond menjadi pilihan untuk acara ini, peserta dan pengurus di kelompokkan menjadi beberapa tim setiap tim beranggotakan 5 peserta dan juga 2 pengurus. acara pembukaan menjadi awal dimulainya acara ini, dilanjutkan dengan sholat berjamaah dan juga doa bersama. pada malam harinya digelar acara pentas seni dan api unggun untuk menambah kehangatan pada malam itu. dinginnya malam pun terasa lenyap oleh candaan dan gurauan para peserta dan panitia.

pada pagi harinya setelah senam dan sarapan bersama langsung digelar persiapan outbond, peserta disuruh untuk berkumpul sesuai kelompoknya dan di berikan penjelasan mengenai pos-pos yang harus dilewati. sedikitnya ada empat pos yang harus peserta tempuh untuk menyelesaikan outbond kali ini, di pos pertama peserta diberikan kertas kososng dan ditugaskan untuk menuliskan nama-nama pengurus dan anggoa, minimal jumlahnya adalah 20 nama, terdiri dari 10 nama pengurus dan 10 nama anggota selain dikelompoknya. dengan tugas yang diberikan dipost ini diharapkan anggota baru bisa saling mengenal antara satu dengan yang lain dan hal ini adalah salah satu tujuan diadakannya ta’aruf ourdor ini.

pada pos kedua peserta diharuskan untuk memeragakan yel-yel kelompoknya dengan kompak dan menghafal nama-nama yang dituliskan dalam kertas di pos pertama tadi. pada pos ketiga tugas yang berikan adalah merangkai peta bojonegoro, karena mereka adalah orang-orang bojonegoro maka mereka juga harus kenal daerah asalnya. selain itu sebelum merangkai peta peserta dituntut untuk berbasah-basahan terlebih dahulu. yang menjadikan mereka bertambah semangat dalam mengikuti outbond kali ini. dan pada pos terahir yakni pos empat peserta dituntut untuk mengurutkan nama-nama bupati bojonegoro mulai dari awal hingga periode saat ini. hal ini juga termasuk dalam bentuk pengenalan terhadap daerah bojonegoro.

perjalanan jauh yang kurang lebih menjapai 5 KM terasa sangat dekat karena keseruan-keseruan yang dibuat selama di pos dan juga diperjalanan. pada ahir acara semua dituntut untuk basah-basahan, para peserta tidak terima jika masih ada yang berpakaian rapid an bersih, alhasil ketua umum pun tak luput dari sasaaran mereka. ketua umum dikejar, ditangkap dan kemudian dijeburkan dalam air. panitia bagian masak pun juga tak mereka biarkan untuk bersih, lemparan lumpur dan grojokan air-pun menjadi cara mereka untuk membasahi panitia. semua senang dan tidak ada yang marah, acara kali ini sungguh berkesan, “saya baru tahu serunya ikut IKAMARO, ternyata disini tidak membedakan antara senior dan junior, semua disetarakan, saling bercanda saling mengejek menjadi makanan rutin yang menambah keakraban antar keluarga besar IKAMARO” ungkap rohma salah satu peserta ta’aruf outdor IKAMARO.

post by: Verdi Indra satria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar